Jumat, 25 Juli 2014

cara berbekam aman



Tips Berbekam yang Aman

Jika Anda akan melakukan bekam maka ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan agar terapi bekam Anda aman dan berkhasiat. Tips Bekam tersebut adalah :
1.Niatkan sebagai ibadah
Berbekam merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW, jadi barang siapa yang melaksanakannya mendapat pahala sunnah. Oleh karena itu niatkan sebagai ibadah serta menjalankan sunnah Rasul.
2. Pastikan peralatan yang digunakan steril.
Tanyakan kepada terapis anda untuk memastikan peralatan yang digunakan sudah disterilisasi dengan benar.
3.Pastikan jarum yang digunakan adalah jarum sekali pakai.
Jarum bekam hanya boleh digunakan sekali pakai. Jarum yang masih disegel dan belum pernah digunakan akan melindungi Anda dari penularan penyakit melalui darah.
4.Beri jeda antara makan dan berbekam.
Jangan berbekam langsung setelah makan, beri jeda satu atau dua jam agar tubuh Anda memproses makanan Anda dulu sebelum dibekam. Gunanya adalah agar proses pencernaan tidak terganggu akibat Anda mengeluarkan darah bekam.
5.Minum madu setelah berbekam.
Minum dua sendok makan madu dicampur air hangat setelah berbekam, gunanya untuk memulihkan kembali badan secara langsung setelah Anda mengeluarkan darah dari tubuh anda. Kalau tidak ada madu dapat diganti dengan air manis hangat, atau air hangat saja.
6.Beri jeda tiga jam sebelum mandi.
Setelah berbekam jangan langsung mandi, berikan jeda tiga jam sesudah berbekam baru boleh mandi. Gunanya adalah menjaga agar luka bekam tidak kemasukan air dan infeksi. waktu tiga jam cukup membuat luka tusukan jarum ketika bekam menutup.
7.Sebaiknya mandi dengan air hangat.
Setelah berbekam air hangat digunakan untuk mandi agar sisa-sisa minyak zaitun atau minyak butbut tidak membeku dan mudah dibersihkan. Selain itu mandi air hangat dapat melancarkan peredaran darah dan memberikan rasa rileks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar